Kab.Bandung, balance-news.com

Dana bencana Kabupaten Bandung untuk 2021 mencapai puluhan miliar. Ada dua anggaran bencana yang disediakan selama satu tahun ini.

Pj Sekda Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengatakan, anggaran bencana 2021 mencapai lebih kurang Rp63 miliar yang terbagi dalam bencana alam dan non alam.

“Untuk bencana alam diambil dari dana tidak terduga, anggarannya Rp10 miliar,” tutur Tisna, Rabu (20/1/2021).

Sementara bencana non alam adalah anggaran untuk penanganan covid-19. Pandemi merupakan salah satu bentuk bencana non alam sehingga Pemkab Bandung menganggarkan untuk penanganannya.

“Untuk dana covid Rp53 miliar,” katanya.

Tisna melanjutkan dalam beberapa pekan kedepan, masyarakat Kabupaten Bandung diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana hydro meteorologi, baik banjir, banjir bandang, longsor maupun bencana lainnya yang berkaitan dengan curah hujan.

“Sesuai dengan peringatan dari BMKG, puncak musim hujan akan terjadi januari sampai februari,” katanya.

Hal tersebut terlihat dalam beberapa hari terakhir, hujan selalu mengguyur wilayah kabupaten bandung dan menyebabkan bencana banjir di sejumlah tempat.

“Untuk banjir, dengan adanya terowongan Curug Jompong dan kolam retensi, sedikit bisa teratasi. Genangannya tidak terlalu lama,” katanya.

Walau demikian, masyarakat diminta tetap mewaspadai terjadinya banjir terutama di daerah langganan seperti Rancaekek, Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang.

Sumber : Ayobandung.com

One thought on “Anggaran Bencana Kabupaten Bandung di Tahun 2021 Capai 10 M.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *