Kabupaten,Bandung-Balance-News Desa Sejahtera Mandiri (DSM) adalah desa sejahtera yang mampu mengelola kekuatan (asset dan potensi) sesuai dengan terbitnya Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa yang dimiliki serta mampu memanfaatkan peluang yang ada dalam pengelolaan pembangunan untuk kesejahteraan warga desa.

Salah satunya, desa Bumiwangi berada di Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Desa ini telah memiliki penduduk dengan jumlah 17.609 jiwa dan terdiri dari 5.182 kepala keluarga Mata pencaharian penduduknya sebagian besar sebagai petani dan buruh tani, juga ada profesi lain dengan persentase kecil yakni sebagai pegawai negeri sipil (PNS), wiraswasta, tukang batu dan tukang kayu.

Desa ini juga merupakan salah satu wilayah tadah hujan, yakni juga mengandalkan mata air dari pegunungan. Dan menjadikan adanya progam yang membatu masyarakat dalam hal masalah air yaitu pipasinasi, Bumiwangi sendiri berada 1 km kurang lebih dengan waktu tempuh 5 menit perjalanan dari jalan raya ke desa Bumiwangi.

Wisata Bukit Cula, adalah progam inovasi desa Bumiwangi yang dimana menjadikan desa menuju mandiri untuk masa kini dan masa depan. Terintregrasi anatara progam penghijauan, wana wisata, bumi perkemahan, edukasi lingkungan, serta agro wisata. Yang tujuan utamanya adalah untuk memperdayakan ekonomi serta mendampingi masyarakat sesuai dengan kebutuhan desa tersebut selama kurun waktu 3 tahun kedepan.

Drs.Rudiya Trisanjaya berharap Bumiwangi menjadi Desa Mandiri berdasarkan IDM dan Pemerintahan saat ini dapat menciptakan lapangan kerja, peluang dan potensi rezeki berkah bagi masyarakat sebagai dampak positif dari Program Inovasi Desa melalui pemberdayaan sumber daya alam, sumber daya manusia, UKM, Desa Wisata dan optimalisasi Bumdes sebagai Leading Sector Badan Usaha Milik Desa yg bertugas untuk mendongkrak Pendapatan Asli Desa.

(Abeng-Blnc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *