Kab Bandung, Balance News – Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.

Salah satunya, dilingkungan RW 19 desa Margamulya Kecamatan Pangalengan mengadakan kegiatan normalisasi drainase di wilayah lingkungan RW 19 desa Margamulya. Seperti membersihkan jalan ataupun lingkungan sekitar, membersihkan saluran irigasi dan kegiatan-kegiatan lainnya. Selasa (06/04/2021) Dengan mengandalkan dana swadaya dari salah satu warga yang bernama ‘Soni Sanjaya’ dan disalurkan melalui warga yang biasa di sapa Kang Diki dan ketua RW 19.

Bertepatan hari selasa kemarin, ketua RW dan juga warga lingkungan sekitar melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan sekitaran lingkungan. ‘Asep Melon’ selaku ketua RW memberikan jawaban terkait pertanyaan dari team Media Balance tentang anggaran yang digunakan untuk pekerjaan normalisasi drainase di lingkungan RW 19.

Ketua RW ‘Asep Melon’ alias Sesep Sugiarto, menyampaikan informasi kepada team Balance. Dana yang digunakan adalah dari donatur salah seorang warga menyampaikan bahwa (amanah) itu dititipkan melalui warga yang biasa disapa Kang Diki dan ketua RW 19, salah satu donatur itu bernama SS dan tenaga dari gotong royong untuk wilayah RW 19 kampung kebon kai. Kerja bakti tersebut dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang Sehat, Rapih, Nyaman dan Aman.

Dengan adanya lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap Kenyamanan, Keindahan, dan Keasrian lingkungan. Ketua RW 19 ‘Sesep Sugiarto’ mengatakan “Tujuan dari diadakan nya kegiatan bersih-bersih ini adalah membersihkan lingkungan kampung kebon kai, agar selalu asri dan nyaman bagi kita semua dan setidaknya bisa mengurangi sumber penyakit di lingkungan”.

Selain untuk menjaga kebersihan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di kampung kebon kai di Desa Margamulya dan semoga saja kedepan nya bisa jadi Kampung Pariwisata di wilayah Pangalengan. Semoga mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Desa sampai pusat khusus nya di Cluster Pariwisata.

(Guntur-Blnc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *