Lembang, Balancenews.com.-
Tak kurang 4 ribu siswa SMA, SMK, dan SLB di Kabupaten Bandung Barat serta Kabupaten Cianjur berpartisipasi dalam program “Rantang Siswa”. Mereka memberikan makanan kepada warga sekitar yang membutuhkan.

“Kegiatan ini sangat luar biasa karena menambah rasa peduli siswa terhadap sesama,” ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah VI, Endang Susilastuti usai meninjau pelaksanaan Rantang Siswa di SMAN 2 Lembang, Jln. Maribaya No. 68, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (24/4/2021).

Ia menilai, program tersebut mampu meningkatkan rasa simpati dan empati siswa kepada sesama. “Bukan hanya makanan, tapi juga bisa berbagi ilmu dan keteladanan,” ungkapnya.

Ia berharap, kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan di luar bulan Ramadan.

Sementara itu, Ketua Pokja Milenial Smart Tren Ramadan Virtual, Agus Hamdan Satriagrah mengatakan, program Rantang Siswa merupakan rangkaian kegiatan Milenial Smart Tren Ramadan Virtual yang digagas oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar).

Sesuai arahan Kadisdik Jabar, Dedi Supandi, Milenial Smart Tren Ramadan Virtual bertujuan menciptakan siswa yang 3T. “Siswa yang taklim (pembelajar), takzim (santun), dan ta’dib (pembiasaan),” ujarnya.

Menurutnya, Rantang Siswa adalah implementasi mewujudkan sifat pembiasaan para siswa. “Karena, pembiasaan tidak hanya tentang ibadah, tapi juga amal saleh. Sehingga, anak terbiasa berinfak, berbagi kepada tetangga, saudara, dan orang-orang yang membutuhkan,” ungkapnya, seraya menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh satuan pendidikan di Jabar.

Sedangkan Ketua OSIS SMAN 2 Lembang, Giva Nur Aulia mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi program Rantang Siswa ini. “Kegiatan Rantang Siswa memfasilitasi para siswa untuk berbuat kebaikan, sekaligus meningkatkan rasa simpati dan empati,” ucapnya.

( Ogie S )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *